Jumat, 19 Juli 2019

Cara Tepat yang Bisa Diterapkan agar Anak Rajin Menabung

Cara Tepat yang Bisa Diterapkan agar Anak Rajin Menabung, jual susu Greenfields Murah se-Jabodetabek WA 0812 1099 2286.

Sebagai orang tua kita bisa mengajarkan cara menabung kepada anak sesuai pertambahan usianya. Untuk itu, kita pun terlebih dahulu harus paham betul apa itu menabung.

Menabung adalah Hal yang Penting, oleh karena itu konsep menabung harus ditanamkan pada anak sejak dini. Supaya kebiasaan baik ini akan terbawa sampai mereka dewasa kelak.

Kapan anak mulai diajarkan menabung ? Menurut Psikolog anak, Rosdiana Setyaningrum Mpsi, MPHed, waktu yangh paling tepat untuk mengenalkan dan mengajarkan anak menabung adalah usia 6 tahun. Dimana saat ini anak sudah memasuki tahap " konkrit operasional " ( dapat memasuki hipotesis sederhana ).

Pertanyaannya adalah, bagaimana mengajarkan anak menabung sesuai usianya ?

1. Beri Contoh Nyata

   Teladan yang baik bagi anak-anak adalah orang tua mereka sendiri. Maka, tunjukkanlah pada anak, saat kita menabung sekecil apapun. Dengan mengajak mereka ke Bank saat kita hendak menabung, lalu jelaskan sesuai bahasa yang dapat mereka pahami tentang pentingnya kita menabung.

2. Beri Penjelasan dengan Bahasa Sederhana

    Menjelaskan kepada anak-anak tentang konsep nilai uang dan tabungan itu sendiri tentunya dengan bahasa yang sesuai dengan perkembangan usia mereka.

3. Tak Boleh Memakai Tabungan Anak

   Jika anak-anak masih balita dan belum mengerti tentang konsep menabung, maka kita dapat mengambil peran kita untuk melindungi tabungan mereka dan jangan memakainya untuk kebutuhan yang seharusnya jadi tanggung jawab kita.

4. Berikan Ijin Kepada Mereka untuk Membelanjakan Tabngan Mereka

   Sesekali ijinkan mereka membelanjakan uang tabunganya seperti membeli mainan yang mereka sukai. Namun tetap mengajarkan bahwa tidak semua uang tabungannya bisa dipakai untuk jadi konsumtif  tersebut.

5. Bimbing Mereka Keika Membelanjakan Tabungannya.

   Ajarkan kepada mereka tentang skala prioritas. Mana yang lebih penting untuuk dibeli. Sehingga mereka akan lebih menghargai barang yang mereka beli.

susu greenfields: susu segar : susu anak:susu uht; delivery greenfields ; delivery greenfields jakarta; gading serpong ; alam sutera


Source : majalah kartini
Pict : shutterstock

Cara Tepat yang Bisa Diterapkan agar Anak Rajin Menabung, jual susu Greenfields Murah se-Jabodetabek WA 0812 1099 2286.

Berlangganan Greenfields
Wa 0812 1099 2286
Shopee deliverysusu
Ig delivery_susu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar