Senin, 06 Juli 2015

Urutan susu yang terbaik untuk dikonsumsi Anak-anak

Urutan susu yang terbaik untuk dikonsumsi anak-anak ataupun orang dewasa. Banyak mommy-mommy bingung susu yang terbaik untuk keluarga seperti apa sih... Yuk mari kita bahas details disini...

1. Jelas ASI alias air susu Ibu adalah yang terbaik untuk buah hati bunda, Tuhan sudah menciptakan sedemikian rupa agar bayi atau anak yang lahir mendapatkan asupan yang terbaik dari ibu nya.

2. Susu segar atau fresh milk atau susu murni atau susu pasteurisasi. Biasa ini diperoleh dari sapi langsung dengan cara masing-masing perusahaan dalam memerah, yang jelas susu ini memiliki kandungan gizi yang tinggi dan minimalis gizi yang rusak didalam kandungan susu nya. Maka penyimpanan susu segar harus didalam suhu 4 derajat celcius. Daya tahan susu yang sudah diperah hanya bertahan 30-40 hari saja. Susu ini sangat bagus sekali dikonsumsi oleh keluarga.

3. Susu UHT ( Ultra High Temperature ). Banyak orang yang berpikir susu UHT menggunakan pengawet sehingga banyak ibu yang takut memberikan kepada buah hati nya padahal sebetulnya susu UHT tidak menggunakan pengawet melainkan susu yang dididihkan dengan temperature tinggi (berkisar 150 derajat) sehingga bisa dikatakan susu UHT seperti suhu matang tanpa mengurangi kandungan gizi di dalam nya, sehingga susu ini dapat bertahan di suhu ruangan. Rata-rata masa susu UHT dapat bertahan 6 bulan hingga 1 tahun.

Untuk Susu UHT boleh diberikan untuk bayi diatas 1 tahun, dan diberikan perlahan untuk mengetahui apakah cocok dengan perut bayi. disarankan mengkonsumsi rata-rata 500 ml per hari. Begitu banyak merk Susu UHT di Indonesia, sekarang tinggal bunda yang memilih yang terbaik untuk buah hati :)

4. Susu SKIM, susu skim sendiri adalah susu yang telah dihilangkan lemak nya tanpa mengurangi kandungan gizi didalam susu tersebut. sehingga susu skim biasa digunakan oleh orang yang memiliki kelebihan berat badan, atau diet. Susu skim ada didalam fresh milk ataupun susu UHT. bahkan kalau diperhatikan kandungan susu UHT pun dibuat melalui susu bubuk skim.

5. Urutan berikutnya ditempati oleh susu bubuk atau susu formula. Susu ini diproses melalui pengeringan ke susu bubuk dimana kerusakan protein bisa mencapai hingga 30% dan vitamin-vitamin yang rusak karena proses pengeringan tersebut. Maka dari itu perusahaan susu menambahkan beberapa formula agar susu bubuk tersebut memiliki gizi yang sesuai.

Disarankan mengkonsumsi susu bubuk saat tidak dapat menemukan susu segar. Daya tahan susu bubuk sendiri tergolong lama hingga 2 tahun. Yang penting diingat pilihlah susu yang cocok untuk si kecil yang sesuai dengan tumbuh kembang anak.

6. Susu Kental Manis. Sebetulnya susu kental manis tidaklah termasuk kategori susu karena memiliki kandungan lemak dan gula yang tinggi, namun rendah protein dan kalsium. susu kental manis diproses dari susu bubuk yang dicairkan kembali. Mending ga usah minum susu daripada harus minum susu kental manis, atau lebih baik diganti ke tahu atau tempe yang memiliki protein yang tinggi. Tapi ya lebih baik minum susu dari pada engga sama sekali..

Nah itu dia semua urutan susu yang terbaik dan semua ada dijual di pasaran, sekarang tinggal bagaimana kita memilih susu yang terbaik untuk dikonsumsi oleh anak-anak dan keluarga kita dan tentu harus menghasilkan kesehatan di jangka yang panjang.

--rangkuman dari beberapa sumber--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar